Selasa, 04 Oktober 2011

Sejarah Santo Krisantus

Santo  Chrysanthus dan Daria (abad ke-3 - c. 283) adalah orang kudus masa Kristen awal. Menurut legenda, Chrysanthus adalah satu-satunya putra seorang bangsawan Mesir, bernama Polemius atau Poleon, yang hidup pada masa pemerintahan Numerian. Ayahnya pindah dari Alexandria ke Roma. Chrysanthus dididik dengan cara terbaik pada zaman tersebut. Kecewa dengan kelebihan di dunia Romawi, ia mulai membaca Kisah Para Rasul.

Dia kemudian dibaptis dan dididik dalam pemikiran Kristen oleh seorang pendeta bernama Carpophorus. Ayahnya tidak senang dengan konversi Chrysanthus dan berusaha untuk menanamkan cara-cara sekuler ke putranya dengan mencobai Dia dengan pelacur, tapi Chrysanthus mempertahankan keperjakaannya.

Dia menolak ketika ayahnya mengatur pernikahan untuk Daria, seorang Romawi Vestal Virgin. Chrysanthus dikonversi pengantin barunya dan meyakinkan dia untuk tinggal bersamanya dalam keadaan suci. Karena perawan Vestal mengambil kaul kemurnian selama tiga puluh tahun masa pelayanan mereka, perjanjian Daria untuk hidup dalam sebuah pernikahan yang suci tidak akan mengejutkan.

Beberapa mengklaim bahwa dia menjadi sasaran eksekusi dengan rajam, yang lain mengatakan ia dipenggal dan yang lain mengklaim dia dikubur hidup-hidup di sebuah lubang yang dalam di samping suaminya. Mereka dimakamkan dalam lubang pasir dekat Via Salaria Nova, katakombe di Roma.

Tidak ada komentar: