Selasa, 26 Februari 2013

Benediktus XVI akan menjadi Paus Emeritus

Benediktus XVI akan menjadi Paus Emeritus
 
Oleh: Shirley Hadisandjaja Mandelli
Milan, 26 Februari 2013.
 

Benediktus XVI akan menjadi “Paus Emeritus”, demikian yang telah diinformasikan oleh Padre Federico Lombardi, Direktur Kantor Berita Vatikan, pada pagi hari ini. Paus akan tetap dipanggil “Yang Tersuci Benediktus XVI” dan akan tetap mengenakan jubah putih biasa tanpa mantel yang menutupi bahu. Ia tidak akan lagi mengenakan sepatu merah dan tidak akan lagi menggunakan "Cincin Nelayan" yang akan dibatalkan sebagai meterai utama kepausan. 
Pada Audiensi Umum Paus yang terakhir, besok 27 Februari, sebanyak 50.000 tanda masuk telah didistribusikan, meskipun perkirakan jumlah umat yang datang akan jauh lebih besar. Dalam Audiensi itu, Paus akan mengelilingi lapangan lebih luas dengan mobil paus.
Ritus penyalaman singkat kepada Paus atau penciuman tangan pada akhir Audiensi akan diganti dengan pertemuan yang akan dilakukan oleh Benediktus XVI bertempat di Sala Clementina dengan beberapa pejabat pemerintahan yang hadir di Roma, seperti salah satunya Presiden Slovakia dan wilayah Bayern di Jerman.
 
Tanggal 28 Februari, hari terakhir masa kepausan, pada pagi hari Benediktus XVI akan menyalami para kardinal yang hadir di Roma bertempat di Sala Clementina. Pukul 16.55, di halaman San Damaso, akan menerima penghormatan dari Pasukan Pengawal Swiss dan disalami oleh kardinal Tarcisio Bertone, Sekretaris Negara, dan beberapa pejabat lain. Di Heliport Vatikan, Benediktus XVI akan disalami oleh kardinal Angelo Sodano, Kepala Dewan Kardinal. Pada saat tiba dengan helikopter di Castel Gandolfo, pukul 17.15 ia akan disambut oleh kardinal Giuseppe Bertello, Kepala dan Uskup Giuseppe Sciacca, Sekretaris dari Gubernur Kota Vatikan, Uskup dari Keuskupan Albano, Mgr. Marcello Semeraro dan beberapa pejabat pemerintahan sipil kota.   
 
Benediktus XVI akan tampil di balkon Istana Apostolik di Castel Gandolfo untuk menyalami umat yang berkumpul di alun-alun menyambutnya. Pukul 20.00 dimulai periode Tahta Lowong, Pengawal Swiss yang mengawal dirinya ke Castel Gandolfo akan menghentikan tugasnya karena merupakan pengawal khusus untuk Paus Roma. Sedangkan untuk Keamanan dari Paus Emeritus akan terus dilakukan oleh  Polisi (gendarmerie) Vatikan. 
 
Sehubungan dengan permulaan dari kongregasi para kardinal, pada tanggal 1 Maret Kepala Kardinal akan mengirimkan sebuah surat kepada semua kardinal yang hadir di Roma. “Kemungkinan besar – kata Padre Lombardi – kongregasi itu akan dimulai minggu yang akan datang”.
 
Kongregasi para kardinal akan bertempat di Aula Nuova del Sinodo dan semua kardinal tidak akan tinggal di Casa Santa Marta sampai pada malam hari permulaan konklaf, karena selama kongregasi dilangsungkan akan dilakukan pengundian tempat tinggal mereka.

Tidak ada komentar: