Kamis, 31 Maret 2011

Renungan Harian 31 Maret 2011

Renungan Harian 31 Maret 2011

Kamis, 31 Maret 2011
Bacaan:
Yer. 7:23-28;
Mzm. 95:1-2,6-7.8-9;
Luk. 11:14-23
Renungan:

Yesus mengusir setan. Reaksi orang sekitar-Nya bermacam-macam. Ada yang kagum, percaya, bersyukur dan memuji Tuhan karena ada suatu hal baik yang terjadi, namun sebaliknya ada pula orang yang tidak suka, muncul kedengkian, melihatnya secara negatif bahkan menuduh untuk menjatuhkan.

Sesungguhnya aneka reaksi yang terjadi ini ditentukan dari sikap hati mereka. Hati yang baik akan memunculkan reaksi yang positif, sedangkan hati yang jahat dan dengki akan muncul reaksi yang negatif.

Dasar perilaku orang ada pada sikap hatinya. Sikap hati dapat dikatakan sebagai cara berpikir seseorang terhadap suatu realita yang dihadapinya. Orang yang memiliki sikap hati buruk dan tertutup akan menutup dirinya pada karya Allah, meskipun ia mengalami suatu peristiwa baik yang menakjubkan. Sedangkan orang yang sikap hatinya baik akan mudah mengagumi, mudah bersyukur, dan hatinya terbuka pada karya Allah.

Sikap hati yang demikian menjadi tanah subur bagi perkembangan Injil Kerajaan Allah. Bagaimana sikap hatiku dalam memandang dan mengalami kehidupan ini? Apakah hatiku dikuasai amarah kedengkian yang membuatku menutup diri dan sulit bersyukur atas pengalaman karya kebaikan Allah?

Tidak ada komentar: